Tim Aerobatik Helikopter Dynamic Pegasus TNI AU, Mengukir Sejarah bagi Indonesia dan Asia Tenggara

0
118

JAKARTA | Konspirasi.netSkadron Udara 7 di Lanud Suryadarma, Subang, Jawa Barat dijuluki sebagai Home of Pegasus. Ini karena Skadron Udara 7 merupakan rumah bagi tim Aerobatik Helikopter Dynamite Pegasus yang dibetuk oleh TNI Angkatan Udara.

Dynamite Pegasus menjadi tim pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara yang memiliki tim Aerobatik menggunakan helikopter militer.

Helikopter yang digunakan dalam atraksi Aerobatik ini berjenis EC-120 B Colibri buatan Prancis. Dynamite Pegasus diawali pada tahun 2010 oleh para penerbang Skadron Udara 7 yang ingin melakukan sebuah atraksi helikopter.

Kemampuan helikopter Colibri ditambah skill para penerbang menumbuhkan sebuah kepercayaan diri yang cukup tinggi bagi Skadron Udara 7. Atraksi Aerobatik dengan helikopter sebelumnya tidak pernah ada di Indonesia, bahkan di seluruh Asia Tenggara.

Setelah sukses melakukan atraksi dengan 3 helikopter, Skadron Udara 7 kembali menggarap atraksi dengan 6 helikopter Colibri.

Kesuksesan ini membuat Skadron Udara 7 dipercaya menampilkan Aerobatik 6 helikopter dalam HUT TNI AU ke-66 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada 9 April 2012.

Penampilan resmi inilah yang kemudian dinamai sebagai tim Dynamic Pegasus. Dynamic Pegasus sekaligus juga menjadi salah satu kebanggaan bagi penerbang Skadron Udara 7 TNI AU.

Dikutip dari tni-au.mil.id, Dynamic Pegasus juga pernah ikut berpartisipasi dalam latihan Navigasi Jarak Jauh di Belitung pada  tahun 2013 silam.

Dynamic Pegassus wajar saja jadi kebanggan RI karena tak banyak tim Aerobatik dengan menggunakan helikopter. Karena biasanya Aerobatik dilakukan dengan jet tempur.

Di dunia ini selain Dynamic Pegassus, ada pula tim Aerobatik helikopter dari Spanyol yang diberi nama Patrulla dan dari India yang diberi nama Sarang.

Tim Aerobatik helikopter Dynamic Pegassus terakhir kali beratraksi pada tahun 2017 dalam Bandung Air Show Lanud Husein Sastranegara. Dynamic Pegassus memang sudah cukup lama absen dari atraksi Aerobatik.

Namun bukan berarti Dynamic Pegassus ini berhenti melakukan latihan. Skadron Udara 7 di Subang menjadi salah satu tempat pendidikan penerbang TNI, khususnya TNI AU untuk para siswa belajar menjadi pengemudi handal helikopter Colibri.

Dynamic Pegassus masih terus melakukan latihan atraksi seperti manuver dan formasi-formasi yang cukup esktrem.

(( H3lmi ))

( Sumber : Zona Jakarta )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here