Kepsek Jangan Gegabah Melakukan Pungutan Pada Penerimaan Siswa Dan Atribut Sekolah

0
76

Medan | Konspirasi.net –  05 Juni 2021 Ketua Umum KSRI (Komite Sekolah Republik Indonesia) M.Batubara, mengingatkan kepala sekolah dan pengurus komite sekolah disetiap unit untuk tidak lagi melakukan pungutan kepada orang tua murid dengan cara melawan hukum.

Hal ini disampaikan aktivis pegiat pendidikan dikelembagaan perkumpulan Komite Sekolah Republik Indonesia, kepada seluruh jajaran kepengurusannya yang sudah tersebar di 270 kabupaten kota semenjak deklarasi Februari silam, dan saat penandatanganan MoU kemitraan dengan beberapa kepala sekolah di kabupaten disumatera barat Jum’at lalu.

Lembaganya (KSRI) melalui kelompok kelompok kerja komite akan mengarahkan cara penggalangan dana bantuan operasional disekolah dengan cara pembentukan unit unit usaha pada tiap UPT guna menggalang sumber penyediaan dana taktis organisasi menuju target kemandirian komite sekolah sebagai mana yang di tuangkan pada Permendikbud no 75 pasal 1 ayat 2 tahun 2016.

Program kemandirian Komite Sekolah Republik Indonesia ini akan sepenuhnya diberikan lembaga independen ini bagi setiap komite sekolah yang sudah berintegrasi dengan KSRI agar menjadi komite sekolah yang mandiri dan berbadan hukum.

Kedepannya M.Batubara juga berharap agar pengurus-pengurus komite sekolah dapat memahami peran dan fungsinya sebagai mana mestinya dengan tujuan utama membantu kelancaran operasional sekolah berupa material dan moral dibarengi kreatifitas serta inovasi mengurai permasalahan yang ada pada sekolah menjadi sebuah kemaslahatan lembaga pendidikan disekolah.

Pada kesempatan itu ketua umum KSRI ini juga berharap dengan konsep kemandirian dan pembinaan unit usaha komite sekolah kelak, sekolah akan terbebas dari segala bentuk iyuran dan sumbangan mengikat, sehingga program pendidikan gratis benar benar terwujud dinegara ini.

Melalui sambungan telepon seluler dengan awak media inisiator KSRI ini juga mengingatkan agar kepala sekolah yang sudah larut dalam permainan pungli agar membuka diri untuk dapat bekerjasama dengan lembaga independen ini guna menerapkan sistem komite mandiri melalui pembentukan unit usaha tanpa memberatkan wali murid dan tidak memungut iyuran yang mengandung unsur pungli lagi. ( Putra )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here