JOGJA – KLATEN, DILUNCURKAN NYA KERETA LISTRIK, RENCANA 10 NOVEMBER 2020 NANTI

0
256

Yogyakarta I Konspirasi.net PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan operasi kereta rel listrik (KRL) rute Yogyakarta-Klaten akan diujicobakan pada 10 November 2020.

“Uji coba Yogyakarta-Klaten dulu, kalau sudah siap full dari Yogyakarta ke Solobalapan,” kata Direktur Operasi dan Pemasaran KCI Wawan Ariyanto dilansir dari Antara, Jumat (9/10/2020).

Dengan beroperasinya KRL dari Jogja hingga Solo pada akhir tahun 2020, praktis kereta berbasis listrik ini akan menggantikan operasional KA Prambanan Ekspress atau KA Prameks.

Rangkaian KA Prameks rencananya akan direlokasi ke daerah lain sebagai moda transportasi kereta lokal. Nantinya dengan menggunakan KRL, mobilitas warga sepanjang Jogja-Solo akan lebih meningkat dan meningkatkan roda perekonomian di Yogyakarta dan Solo Raya.

KRL memiliki beberapa keunggulan di antaranya kapasitas angkut yang lebih banyak dan efisiensi operasional karena listrik yang dianggap lebih murah. Headway kedatangan kereta juga bisa ditingkatkan.

Dan penggunaan kereta listrik ini, akan meningkatkan kecepatan dari 70 km/jam menjadi 90 km per jam.

Kereta ini diperkirakan akan berangkat setiap 15 menit untuk melayani wilayah sekitar.

Untuk kebutuhan 10 trainset yang akan beroperasi di jalur Yogyakarta-Solo, sudah dapat terpenuhi dua rangkaian kereta yang saat ini tengah dalam proses pengujian endurance di Jakarta.

KCI Yogyakarta berharap operasional kereta rel listrik tersebut sudah dapat dilakukan pada awal Januari 2021 atau bahkan diharapkan dapat direalisasikan lebih cepat.

Nantinya, standar operasional KRL yang akan dijalankan di Daop VI disesuaikan dengan standar yang sudah dijalankan untuk KRL yang selama ini melayani Jabodetabek.(071)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here